1.
ART PLAYING
CENTRE (Pusat Bermain Seni)
Tahap-tahap
kemampuan melukis :
A.
Usia 2-3 tahun (PG)
1)
Campur cat/warna coklat.
2)
Mencampur warna di tempat berbeda.
3)
Mulai mengulang bentuk yang sama tetapi dengan warna
yang berbeda.
4)
Mencampur bentuk dan kombinasi warna.
5)
Sudah ada bentuk benda walaupun belum jelas, tetapi
sudah memiliki arti.
B.
Usia 4 tahun (TK A) :
1)
Bentuk benda sudah semakin jelas.
2)
Sudah ada latar belakang gambar.
3)
Huruf sudah mulai nampak (walaupun belum lengkap).
4)
Dapat menceritakan gambar yang dibuatnya sendiri.
C.
Usia 5 tahun (TK A ke TK B Awal) :
1)
Sudah menggambarkan suatu cerita dari
guru/pengalamannya sendiri.
2)
Ada suatu
gambar lengkap.
3)
Sudah dapat memilih warna primer-sekunder sesuai
dengan warna aslinya.
4)
Sudah dapat menuangkan cerita melalui gambar.
D.
Usia 6 tahun (TK B) :
1)
Menggambarkan suatu ide (simbol).
2)
Adanya tujuan sudah ada ide.
3)
Gambar aneka benda dengan berbagai macam bahan
(melukis ditambah benda pendukung).
2.
READINESS
PLAYING CENTRE
A.
Tahap-tahap kemampuan persiapan membaca :
1) Mendengarkan
cerita guru/orang lain.
2)
Membaca gambar (anak bercerita menurut imajinasinya).
3)
Membaca tulisan yang ingin diketahuinya/yang telah
diucapkannya (dengan bimbingan guru).
4)
Mengenal huruf dan vokal.
5)
Mencari huruf yang sesuai dengan kata yang
diucapkannya kemudian menyusunnya.
6)
Mengenal kata yang bunyi huruf awalnya sama.
7)
Mengenal kata yang bunyi huruf akhirnya sama.
8)
Mengenal kata yang bunyi suku kata awalnya sama.
9)
Mengenal kata yang bunyi suku kata akhirnya sama.
10)
Membuat kalimat dari satu kata.
11)
Membuat kalimat dari dua kata.
12)
Membuat kalimat lengkap.
13)
Membuat syair sederhana.
14)
Bercerita dengan lancar.
15)
Melanjutkan cerita yang sudah dimulai guru.
16)
Memprediksi (membayangkan sesuatu yang belum tentu
terjadi).
17)
Mengenal kosakata yang bernuansa agama.
18)
Mengenal ungkapan-ungkapan yang bernuansa aqidah dan
akhlaq serta kalimat thoyibah.
B.
Tahap-tahap kemampuan menulis :
1)
Menulis huruf vokal dan konsonan (kecil).
2)
Menulis huruf vokal dan konsonan (besar/kapital).
3)
Menulis 3 huruf (vokal-konsonan-vokal).
4)
Menulis kata yang huruf awalnya sama.
5)
Menulis kata yang huruf akhirnya sama.
6)
Menulis nama panggilan.
7)
Menulis nama lengkap.
8)
Menulis 1 kalimat.
9)
Menulis syair 4 baris kalimat.
10)
Menulis cerita sederhana.
11)
Mengetahui bahwa Allah yang memberi kepandaian
menulis.
C.
Tahap-tahap kemampuan berhitung :
1)
Mengenal konsep bilangan dengan benda.
2)
Mengenal lambang bilangan.
3)
Mengenal konsep sama-tidak
sama-lebih-kurang-banyak-sedikit.
4)
Mengenal konsep penjumlahan dengan benda.
5)
Mengenal konsep penjumlahan dengan angka.
6)
Mengenal konsep ruang (bentuk dan ukuran).
7)
Mengenal konsep waktu/jam.
8)
Mengenal bahwa Allah yang memberi kepandaian
menghitung.
9)
Konsep-konsep matematik (lebih dari satu, beberapa,
semua …).
D.
Kemampuan-kemampuan pada waktu makan :
1)
Untuk dapat bersosialisasi.
2)
Kemampuan-kemampuan motorik kasar (memasukkan dan
mengeluarkan kursi).
3)
Menggunakan bahasa untuk memenuhi apa yang mereka
butuhkan.
4)
Mengembangkan sikap saling menghargai terhadap teman.
5)
Menikmati hidangan/makanan sebagai rezeki dari Allah.
6)
Sikap ketika makan.
7)
Tanggung jawab.
8)
Senang membantu.
9)
Kemampuan mengelompokkan.
10)
Latihan koordinasi mata dengan tangan.
11)
Mandiri.
12)
Mengenal kata-kata mubadzir, makanan halal, makanan
haram, dsb.
13)
Mengenal Allah yang menciptakan berbagai macam bahan
makanan.
14)
Mengenal Allah Yang Maha Pengasih, Penyayang, Maha
Kaya, Maha Pemurah kepada hamba-Nya.
15)
Pandai bersyukur kepada Allah.
3.
BLOCK
PLAYING CENTER (Pusat Bermain Balok)
Tahap-tahap
bermain balok :
a.
Usia 2 tahun
Anak
dapat membawa balok dari suatu tempat ke tempat lain. Belum ada susunan atau
bangunan pada suatu tempat pun (permainan sensori motor).
b.
Usia 3 tahun
-
Anak dapat menyusun balok ke samping (horizontal) dan
ke atas (vertikal).
-
Anak dapat meletakkan 2 balok dan menghubungkan
keduanya.
c.
Usia 4 tahun
Anak
dapat menyusun/menempatkan balok-balok untuk membentuk pagar tertutup.
d.
Usia 4-5 tahun
Anak
dapat menciptakan pola-pola dalam susunan balok-balok tersebut (menggunakan
pengulangan bentuk yang sama).
e.
Usia 5 tahun
Anak
mulai memberi nama apa yang disusunnya. Seperti : kendaraan, binatang,
alat-alat rumah tangga, orang dan sebagainya dapat digunakan dalam permainan dramatisasi.
f.
Usia 6 tahun
Anak
membangun kembali apa yang pernah dilihatnya secara nyata dan lebih mendekati
kesempurnaan.
Catatan : setiap
tahap perkembangan kemampuan anak dalam bermain balok, perkembangan untuk
mengenal Allah Yang Maha Pencipta dan pengembangan akhlaq perilaku pun dapat
berlangsung dengan baik dan positif.
4.
NATURE AND
LIQUID PLAYING CENTER (Pusat Bermain Alam Cair).
Bahan-bahan
material bermain bahan alam :
a.
Air, pasir, lumpur.
b.
Beras, kacang-kacangan, gandum dan bahan material lain
yang dapat dituangkan.
c.
Bahan melukis dengan jari dan bahan material messy
play lain yang serupa.
d.
Krayon dan spidol.
e.
Menggunting atau merobek kertas.
f.
Melekatkan potongan-potongan kertas.
g.
Menggambar bebas.
h.
Bermain adonan dan tanah liat.
i.
Mengenal bahwa Allah yang menyediakan alat (bahan
alam) untuk bermain.
5.
SOSIODRAMATIC
PLAYING CENTER (Pusat Bermain Peran)
a.
Awal pura-pura
b.
Pura-pura dengan dirinya
c.
Pura-pura dengan lainnya
d.
Pengganti
e.
Pura-pura dengan obyek atau orang lain
f.
Agen aktif
g.
Urutan yang belum berbentuk cerita
h.
Urutan
i.
Perencanaan
6.
KINESTETIC
PLAYING CENTER (Pusat Bermain Kinestetik)
Pusat
kegiatan oleh tubuh untuk mengembangkan kemampuan fisik sehingga mampu
melakukan gerakan-gerakan baik motorik kasar maupun motorik halus.
0 komentar:
Posting Komentar