Kamis, 18 Oktober 2012

KECERDASAN MAJEMUK






"Bu guru...anak saya koq belum bisa menulis dan berhitung ya?jangan-jangan anak saya gak cerdas?"Dhueing, itu salah satu curhatan dari orang tua murid yang penulis terima saat penulis masih menjadi guru di TK Permata Hati.ourus  jitu untuk menjawabnya adalah :"Mama...semua anak cerdas, gak ada yang gak cerdas.kalau saat ini belum bisa menulis dan berhitung itu karen amasa pekanya belum muncul..kecerdasan itu terbagi jadi 9 ma..."

Menurut Horward Garner menyimpulkan ada 9 kecerdasan pada setiap anak yang dilahirkan yaitu sebagai berikut :
  1. Kecerdasan linguistik : kemampuan untuk menggunakan bahasa dan kata-kata baik tertulis maupun lisan. Pada umumnya ditandai dengan kegiatan yang berkaitan dengan penggunanan bahsa seperti membaca, menulis, membuat puisi dll
  2. Kecerdasan logis matematis : kemampuan dalam berpikir secara induktif dan deduktif, berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka. Pada umumnya ditandai dengan permainan berhitung, dan melakukan hal-hal yang melibatkan angka, senang bereksperimen dan suka mengerjakan teka-teki
  3. Kecerdasan visual spasial :kemampuan sesorang untuk memeahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang. Pada umumnya ditandai dengan memiliki kemampuan mencipta imajinasi bentuk dalam pikirannya atau menciptakan bentuk-bentuk tiga dimensi
  4. Kecerdasan musikal : kemampuan yang peka terhadap suara-suara non verbal termasuk didalamnya nada dan ritme. Pada umumnya ditandai dengan cenderung senang mendengar nada dan irama yang indah, bersenandung yang dilagukan sendiri, mendengarkan kaset, radio, alat musik yang dimainkan sendiri
  5. Kecerdasan kinestetis : kemampuan sesorang untuk secara aktif menggunakan bagian tubuh atau seluruh tubuh untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah, dapat dijumpai pada anak yang ungguk dalam salah satu cabang olahpandai menari, terampil berakrobat dan sulap
  6. Kecerdasan intrapersonal : kemampuan untuk peka terhadap perasaannya sendiri. Biasanya cenderung untuk mengenali kekuatan dan kelemahan , menyukai kesendirian dan merenung dan berdialog dengan diri sendiri
  7. Kecerdasan intrerpersonal : kemampuan untuk peka terhadap perasaan orang lain, mencakup kemampuan untuk akrab dengan teman-temannya, memimpin, mengorganisir, menangani perselisihan dll
  8. Kecerdasan naturalistic : kemampuan peka terhadap lingkungan alamyang terbuka. Pada umumnya ditandai dengan menunujukkan minat terhadap alam, senang bermain di kandang binatang, membawa binatang kedalam kelas dll
  9. Kecerdasan Eksistensial : kemampuan untuk menempatkan diri dalam lingkup   kosmos terjauh dengan makna hidup, kematian, nasib dunia, jasmani,kejiwaan dan makna pengalaman mendalam.pada umumnya adalah anak yang menanyakan proses penciptaan dirinya dan alam semesta, rajin melakukan kegiatan keagamaan tanpa perintah dari orang dewasa dan senang terlibat dalam kegiatan keagamaan.  

    Nah ma..pilihan mama untuk menitipkan anak mama di KBTKIT PErmata HAti semarang sudah tepat karena di KBTKIT PErmata HAti Semarang, semua siswa permata Hati masing-masing anak akan diasah sesuai dengan bakat dan kemampuannya.kami selaku guru hanya memfasilitasi anak untuk mengembangkan bakatnya.kami mengenalkan semua Pengetahuan yang dibutuhkan anak dan membimbing agar bisa berkembang aspek pengembangannya..yakinlah bahwa semua anak adalah cerdas...termasuk anak mama...

0 komentar:

Posting Komentar