This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 21 Oktober 2012

IKRAR PERMATA HATI



artinya : ”Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah”

Demi baktiku kepada Ilahi
Dan cintaku kepada Al-qur’an yang mulia

Kami siswa dan siswi Playgroup/TK Islam Permata Hati berjanji :
1. Rajin shalat sepanjang hayat.
2. Tak lupa belajar setiap hari.
3. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
4. Cinta kawan dan suka memaafkan.
5. Cerdas, berani dan bijaksana.
6. Cinta Islam, Bangsa dan Negara.
(IKrar ini dibaca anak-anak bersama-sama sebelum masuk ke kelas)k

KURIKULUM TERPADU PLAYING CENTRE PERMATA HATI

 
1.        ART PLAYING CENTRE (Pusat Bermain Seni)
Tahap-tahap kemampuan melukis :
A.      Usia 2-3 tahun (PG)
1)       Campur cat/warna coklat.
2)       Mencampur warna di tempat berbeda.
3)       Mulai mengulang bentuk yang sama tetapi dengan warna yang berbeda.
4)       Mencampur bentuk dan kombinasi warna.
5)       Sudah ada bentuk benda walaupun belum jelas, tetapi sudah memiliki arti.
B.       Usia 4 tahun (TK A) :
1)         Bentuk benda sudah semakin jelas.
2)         Sudah ada latar belakang gambar.
3)         Huruf sudah mulai nampak (walaupun belum lengkap).
4)         Dapat menceritakan gambar yang dibuatnya sendiri.
C.       Usia 5 tahun (TK A ke TK B Awal) :
1)         Sudah menggambarkan suatu cerita dari guru/pengalamannya sendiri.
2)         Ada suatu gambar lengkap.
3)         Sudah dapat memilih warna primer-sekunder sesuai dengan warna aslinya.
4)         Sudah dapat menuangkan cerita melalui gambar.
D.      Usia 6 tahun (TK B) :
1)           Menggambarkan suatu ide (simbol).
2)           Adanya tujuan sudah ada ide.
3)           Gambar aneka benda dengan berbagai macam bahan (melukis ditambah benda pendukung).

2.        READINESS PLAYING CENTRE
A.   Tahap-tahap kemampuan persiapan membaca :
1)  Mendengarkan cerita guru/orang lain.
2)          Membaca gambar (anak bercerita menurut imajinasinya).
3)          Membaca tulisan yang ingin diketahuinya/yang telah diucapkannya (dengan bimbingan guru).
4)          Mengenal huruf dan vokal.
5)          Mencari huruf yang sesuai dengan kata yang diucapkannya kemudian menyusunnya.
6)          Mengenal kata yang bunyi huruf awalnya sama.
7)          Mengenal kata yang bunyi huruf akhirnya sama.
8)          Mengenal kata yang bunyi suku kata awalnya sama.
9)          Mengenal kata yang bunyi suku kata akhirnya sama.
10)    Membuat kalimat dari satu kata.
11)    Membuat kalimat dari dua kata.
12)    Membuat kalimat lengkap.
13)    Membuat syair sederhana.
14)    Bercerita dengan lancar.
15)    Melanjutkan cerita yang sudah dimulai guru.
16)    Memprediksi (membayangkan sesuatu yang belum tentu terjadi).
17)    Mengenal kosakata yang bernuansa agama.
18)    Mengenal ungkapan-ungkapan yang bernuansa aqidah dan akhlaq serta kalimat thoyibah.
B.    Tahap-tahap kemampuan menulis :
1)         Menulis huruf vokal dan konsonan (kecil).
2)         Menulis huruf vokal dan konsonan (besar/kapital).
3)         Menulis 3 huruf (vokal-konsonan-vokal).
4)         Menulis kata yang huruf awalnya sama.
5)         Menulis kata yang huruf akhirnya sama.
6)         Menulis nama panggilan.
7)         Menulis nama lengkap.
8)         Menulis 1 kalimat.
9)         Menulis syair 4 baris kalimat.
10)   Menulis cerita sederhana.
11)   Mengetahui bahwa Allah yang memberi kepandaian menulis.
C.    Tahap-tahap kemampuan berhitung :
1)           Mengenal konsep bilangan dengan benda.
2)           Mengenal lambang bilangan.
3)           Mengenal konsep sama-tidak sama-lebih-kurang-banyak-sedikit.
4)           Mengenal konsep penjumlahan dengan benda.
5)           Mengenal konsep penjumlahan dengan angka.
6)           Mengenal konsep ruang (bentuk dan ukuran).
7)           Mengenal konsep waktu/jam.
8)           Mengenal bahwa Allah yang memberi kepandaian menghitung.
9)           Konsep-konsep matematik (lebih dari satu, beberapa, semua …).
D.   Kemampuan-kemampuan pada waktu makan :
1)           Untuk dapat bersosialisasi.
2)           Kemampuan-kemampuan motorik kasar (memasukkan dan mengeluarkan kursi).
3)           Menggunakan bahasa untuk memenuhi apa yang mereka butuhkan.
4)           Mengembangkan sikap saling menghargai terhadap teman.
5)           Menikmati hidangan/makanan sebagai rezeki dari Allah.
6)           Sikap ketika makan.
7)           Tanggung jawab.
8)           Senang membantu.
9)           Kemampuan mengelompokkan.
10)     Latihan koordinasi mata dengan tangan.
11)     Mandiri.
12)     Mengenal kata-kata mubadzir, makanan halal, makanan haram, dsb.
13)     Mengenal Allah yang menciptakan berbagai macam bahan makanan.
14)     Mengenal Allah Yang Maha Pengasih, Penyayang, Maha Kaya, Maha Pemurah kepada hamba-Nya.
15)     Pandai bersyukur kepada Allah.

3.        BLOCK PLAYING CENTER (Pusat Bermain Balok)
Tahap-tahap bermain balok :
a.     Usia 2 tahun
Anak dapat membawa balok dari suatu tempat ke tempat lain. Belum ada susunan atau bangunan pada suatu tempat pun (permainan sensori motor).
b.    Usia 3 tahun
-        Anak dapat menyusun balok ke samping (horizontal) dan ke atas (vertikal).
-        Anak dapat meletakkan 2 balok dan menghubungkan keduanya.
c.     Usia 4 tahun
Anak dapat menyusun/menempatkan balok-balok untuk membentuk pagar tertutup.

d.    Usia 4-5 tahun
Anak dapat menciptakan pola-pola dalam susunan balok-balok tersebut (menggunakan pengulangan bentuk yang sama).
e.     Usia 5 tahun
Anak mulai memberi nama apa yang disusunnya. Seperti : kendaraan, binatang, alat-alat rumah tangga, orang dan sebagainya dapat digunakan dalam permainan dramatisasi.
f.      Usia 6 tahun
Anak membangun kembali apa yang pernah dilihatnya secara nyata dan lebih mendekati kesempurnaan.
Catatan : setiap tahap perkembangan kemampuan anak dalam bermain balok, perkembangan untuk mengenal Allah Yang Maha Pencipta dan pengembangan akhlaq perilaku pun dapat berlangsung dengan baik dan positif.

4.          NATURE AND LIQUID PLAYING CENTER (Pusat Bermain Alam Cair).
Bahan-bahan material bermain bahan alam :
a.     Air, pasir, lumpur.
b.    Beras, kacang-kacangan, gandum dan bahan material lain yang dapat dituangkan.
c.     Bahan melukis dengan jari dan bahan material messy play lain yang serupa.
d.    Krayon dan spidol.
e.     Menggunting atau merobek kertas.
f.      Melekatkan potongan-potongan kertas.
g.    Menggambar bebas.
h.    Bermain adonan dan tanah liat.
i.       Mengenal bahwa Allah yang menyediakan alat (bahan alam) untuk bermain.

5.            SOSIODRAMATIC PLAYING CENTER (Pusat Bermain Peran)
a.     Awal pura-pura
b.    Pura-pura dengan dirinya
c.     Pura-pura dengan lainnya
d.    Pengganti
e.     Pura-pura dengan obyek atau orang lain
f.      Agen aktif
g.    Urutan yang belum berbentuk cerita
h.    Urutan
i.       Perencanaan

6.          KINESTETIC PLAYING CENTER (Pusat Bermain Kinestetik)
Pusat kegiatan oleh tubuh untuk mengembangkan kemampuan fisik sehingga mampu melakukan gerakan-gerakan baik motorik kasar maupun motorik halus.